Selasa, 27 November 2018

Probotik, Manfaat dan Cara Membuatnya

PENDAHULUAN
Budidaya ikan di kolam maupun di tambak memberikan keuntungan yang menggiurkan (besar) namun juga berisiko tinggi.  Potensi yang menggiurkan bagi para pembudidaya telah memacu pengelolaan kolam/tambak dengan kepadatan tebar benih yang tinggi, pemberian pakan yang intensif, dan penggunaan berbagai macam bahan kimia untuk mengendalikan hama penyakit ikan.  Hal tersebut tentu akan berakibat pada jumlah limbah yang dihasilkan serta pergeseran keseimbangan ekosistem meningkat ke arah yang merugikan sehingga budidaya ikan justru mengalami banyak masalah kendala yang berujung kepada kerugian atau gagal panen.  Penyebab utama kegagalan tersebut antara lain serangan penyakit, factor eksternal, dan akibat adanya senyawa-senyawa toksis seperti H2S, NH3, Nitrit dan lainnya.
Proses biologis dalam ekosistem budidaya ikan merupakan kunci utama dalam pengelolaan budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.  Rancangan teknologi dapat diarahkan untuk menciptakan kondisi ekologis kolam atau tambak yang menguntungkan kesehatan ikan dan kolam serta menghilangkan senyawa yang bersifat toksis melalui proses biologis (bioremidiasi) dan memanfaatkan berbagai mikroba yang menguntungkan untuk meningkatkan kesehatan ekosistem kolam/tambak.
Probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan yang dibudidayakan.  Mikroba itu antara lain bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, beberapa kelompok Bacillus, dan Pseudomonas. Probiotik adalah nutrisi yang seperti halnya antibiotik, bekerja secara spesifik dan khusus.Namun mikro-organisme dalam probiotik sangat rentan terhadap kondisi situasi fisika dan kimia di dalam saluran pencernaan hewan inang dan kondisi perairan.  Lingkungan yang tidak cocok akan membunuh mikro-organisme dalam probiotik sehingga tidak memungkinkan untuk berkompetisi dengan pathogen.  Oleh karena itu kapasitas spesies mikro-organisme yang digunakan sebagai probiotik apakah dalam bentuk tunggal atau campuran menjadi faktor yang menentukan keampuhan probiotik.



FUNGSI DAN PERAN PROBIIOTK
Bakteri berfungsi menguraikan sisa pakan, senyawa organic dari pakan yang terlarut, dan kotoran ikan.Sampah-sampah itu dapat mengotori air dan menjadi tempat tumbuh bakteri pathogen, jamur atau mikroba jahat, dan menyebabkan ikan mudah terserang penyakit.
Sifat probiotik dari bakteri yang menguntungkan bagi ikan juga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat (pathogen).  Dengan probiotik, maka ikan menjadi lebih sehat, bisa membantu proses penyembuhan ikan yang sakit, dan menjaga kualitas air sehingga tidak keruh ataupun berbusa.  Jadi, peran probiotik sebagai control biologis pada system budidaya adalah :

  • Menekan pertumbuhan bakteri jahat (pathogen);
  • Mempercepat degradasi bahan organic dan limbah;
  • Meningkatkan ketersediaan nutrisi esensial;
  • Meningkatkan aktivitas mikro-organisme yang menguntungkan;
  • Memfiksasi nitrogen;
  • Mengurangi pupuk dan pestisida.
Adapun peranan probiotik dalam budidaya ikan adalah :

  1. Menekan populasi mikroba jahat yang berada dalam saluran pencernaan dengan cara berkompetisi untuk menempati ruang (tempat menempel) dan kesempatan mendapatkan nutrisi;
  2. Menghasilkan senyawa anti-mikroba yang secara langsung akan menekan pertumbuhan miroba jahat dan mencegah terbentuknya kolonisasi mikroba jahat dalam system pencernaan hewan inang;
  3. Menghasilkan senyawa yang bersifat immunostimulan yaitu meningkatkan system imun ikan (hewan inang) dalam menghadapi serangan penyakit dengan cara meningkatkan kadar antibody dan aktivitas makrofag, misalnya lipo polisakarida, glikan dan peptidoglikan;
  4. Menghasilkan senyawa vitamin yang bermanfaat bagi hewan inang (yang diberikan probiotik) dan secara tidak langsung akan menaikkan nilai nutrisi pakan.
MANFAAT PROBIOTIK
Probiotik adalah mikro-organisme hidup yang dapat memberikan keuntungan bagi inangnya.  Dengan kata lain ikan yang diberi probiotik akan lebih baik dalam fungsi fisiologisnya karena ada bakteri baik yang sengaja dihinggapkan pada ikan.  Begitulah antara lain manfaat dari penggunaan probiotik  pada budidaya ikan. Mari kita lihat manfaat-manfaat lainnya berikut ini :
1.      Pencegahan dan pengobatan penyakit.
Probiotik dalam budidaya ikan diterapkan dalam pakan dan campuran pada media air.Untuk pakan, probiotik di pakai dengan dicampurkan ke bahan pakan.  Sedangkan untuk media air, probiotik disebarkan ke dalam air kolam atau tambak.
Penerapan probiotik sangat penting untuk pencegahan atau penyembuhan penyakit pada ikan.  Bandingkan dengan penggunan antibiotic yang berlebihan (melebihi dosis) yang hanya akan menimbulkan resistensi pada bakteri jahat.  Artinya bakteri jahat tidak dapat diatasi oleh antibiotik
      2. Ketersediaan Pakan
Pengelolaan budidaya ikan pada dasarnya adalah usaha menciptakan ekosistem atau lingkungan kolam yang sesuai bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan.  Untuk mencapai hal tersebut diperlukan :
·         Manajemen rantai makanan;
  • Manajemen plankton;
  • Manajemen kualitas air;
·         Manajemen senyawa-senyawa toksis;
Penggunaan teknologi ramah lingkungan seperti probiotik merupakan alternatif dalam meningkatkan dan mempertahankan produktivitas ikan dengan biaya yang relatif murah.  Dengan adanya probiotik maka proses degradasi bahan organik di dasar kolam atau tambak ikan akan lancer, sehingga menghasilkan zat-zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan plankton.
Bahan organik yang mengalami mineralisasi oleh probiotik diubah menjadi bahan anorganik seperti nitrat dan pospat.Bahan organik ini dapat digunakan secara langsung oleh fitoplankton di dalam air untuk kelangsungan hidupnya.

Fitoplankton adalah makanan bagi zooplankton sehingga jumlahnya melimpah.Hal ini menyebabkan perairan di kolam atau tambak ikan menjadi subur.Zooplankton adalah pakan alami bagi sebagian besar larva ikan sehingga ketersediaan pakan alami bagi ikan pun tetap terjaga. 
3.  Meningkatkan Produktivitas Budidaya
Para pembudidaya ikan sering kali harus melakukan panen secara bertahap.  Alasannya, ukuran ikan saat ditebar sama tetapi pertumbuhannya berbeda-beda.  Oleh karena itu beberapa upaya dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan ukuran yang seragam sehingga efisiensi produksi budidaya ikan pun menjadi lebih baik.
Beberapa pembudidaya ikan berusaha memberikan makanan berprotein tinggi dan makanan alami seperti keong, bekicot, dan lain-lain.Namun pemberian pakan alami kerap terhambat karena tidak praktis.Dalam hal inilah pemberian probiotik perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan yang dibudidayakan.
Probiotik memang bisa menjadi solusi untuk membantu meningkatkan produktivitas ikan budidaya.  Probiotik bisa membuat panen lebih cepat dan tingkat kelulusan hidup ikan pun semakin tinggi,
Probiotik dapat dicampurkan dengan pakan.Campuran probiotik dan pakan (pellet) membuat metabolisme dan pencernaan ikan menjadi sempurna.  Sekitar 90% pakan yang masuk ke tubuh ikan akan menjadi daging.
Pada usaha budidaya ikan, pemberian probiotik terbukti bisa menekan perkembangan bakteri jahat di lingkungan perairan yang menurunkan produktivitas.Hasil riset di Thailand dan Jepang sejak 10 tahun silam membuktikan hal tersebut.  Pemakaian probiotik pada budidaya nila Tilapia nilotica  menurunkan angka kematian ikan sebesar 5,2 %.  Hal itu diimbangi pula dengan peningkatan bobot tubuh sebesar 46,3% dari sebelumnya 9,6 % pada budidaya intensif.
Jelaslah bahwa dengan penggunaan probiotik, maka pertumbuhan ikan berlangsung secara cepat sehingga dapat segera di panen.Ikan yang siap panen pun seragam dan tidak bau lumpur atau tanah.
     4.  Memperbaiki lingkungan
Ada sejumlah tantang yang dihadapi pembudidaya ikan, bahkan tantangan itu dinamis dan tidak mudah, yaitu :
  • Mempertahankan ekosistem kolam/tambak agar tetap sehat.
  • Meningkatkan dan mempertahankan tingkat produktivitas.
  • Kompetisi dalam merebut pasar international.
  • Pasar menginginkan kolam/tambak yang dikelola dengan ramah lingkungan
  • Penolakan terhadap produk yang menggunakan berbagai bahan kimia dan antibiotik untuk mengendalikan penyakit udang.
Keberlanjutan budidaya ikan sangat tergantung pada pengelolaan ekosistem yang ramah lingkungan.Produk yang ramah lingkungan memang menjadi isu penting terutama bagi komoditas bernilai ekspor seperti udang vannamei.  Itulah sebabnya probiotik harus digunakan karena penggunaan antibiotic hanya akan meninggalkan residu berbahaya.  Probiotik juga dapat memperbaiki kondisi lingkungan lewat proses bioremediasi sehingga menguntungkan ikan budidaya. 
Dari berbagai riset, probiotik terbukti bagus untuk pemeliharaan air kolam dan meningkatkan pertumbuhan ikan.  Karena ada introduksi mikroba positif maka kolam menjadi lebih sehat dan ikan juga lebih kuat terhadap stress dan penyakit.  Yang pasti, pertumbuhan ikan bisa sangat pesat karena probiotik itu merangsang nafsu makan.
Ada sejumlah produk probiotik yang bisa dimanfaatkan untuk menggamburkan dasar kolam sekaligus memelihara kualitas air, misalnya Nature atau Super Plankton.  Probiotik ini cukup diguyurkan ke air kolam pada pagi hari setiap dua minggu sekali supaya air selalu sehat dan penuh dengan plankton sebagai pakan alami.
Probiotik juga ibarat benteng pertahanan diri.Jadi sebaiknya probiotik diberikan sejak dini.Begitu bibit mau masuk kolam, tiga hari sebelumnya air kolam harus diguyur probiotik agar kondisi air cepat matang dan tumbuh banyak plankton.Selanjutnya, pemberian probiotik untuk pemeliharaan air cukup dua minggu sekali atau ketika kondisi air menurun kualitasnya.
Jadi, probiotik memang harus difungsikan menjadi semacam imunisasi.  Jika diberikan lebih awal, maka efeknya akan lebih bagus.  Jangan menunggu kondisi kolam jelek dan ikan stress atau terserang penyakit.  Pemberian probiotik secara teratur akan menghasilkan ikan yang lebih bagus.(fishprog, 2015)
  
CARA MEMBUAT PROBIOTIK
Cara membuat probiotik ini dibuat berdasarkan pengalaman dari proses lapang selama ini. Bahwa disekitar kita alam telah menyediakan sumber yang sangat murah untuk memenuhi kebutuhan pupuk atau Probiotik untuk budidaya. Saya coba membuat daftar bahan-bahan dan cara membuat Biang Probiotik yang super murahnya:
BAHAN:
·  500 gram tetes /gula tebu
·  250 gram trasi
·  2 kg dedak/ bekatul yang halus
·  2 kg rumen sapi
·  2 liter air cucian beras
·  Air bersih 20 liter ALAT:
·  Kompor
·  Panci
·  Corong
·  Jerigen 20 liter CARA PEMBUATAN:
·  Rebus semua bahan kecuali kotoran ternak/Rumen sapi dan air bersih
·  Dinginkan ± 20 jam, Setelah dingin masukkan semua bahan kedalam jerigen
·  Tutup rapat
·  Setiap hari dibuka sebentar untuk membuang gas dan diaduk /kocok-kocok,
·  Setelah 15 hari Micro Organisme Lokal (MOL) siap digunakan CARA APLIKASI:
·  Sebelum digunakan, disaring dulu.
·  Gunakan untuk menyemprot tanah ,Air dengan konsentrasi 1 : 10 (1 liter/tangki).

·  Penyemprotan dilakukan antara 7 - 15 hari sekali mulai sebelum tebar. Dengan aplikasi Micro Organisme Lokal yang rutin, isya alloh akan membantu kita dalam usaha perbaikan biologi tanah dan air untuk budidaya. Semoga tulisan ini bisa memberi sedikit informasi terhadap rekan pembudidaya. 
CARA MENGGANDAKAN PROBIOTIK


Bahan2:
1. EM-4 / sel multi 100-200 cc / ( 2butir Ragi tape + 1botol Yakult ) sebagai STARTER fermentasi ) / bisa juga starter buatan sendiri.
2. Dedak halus .......................1 s/d 2 kg ( dikukus / direbus ) & dinginkan
3. Tetes tebu / gula merah........1/2 s/d 2 liter/ kg ( rebus & dinginkan )
4. Air bersih ...........................20 liter
5. Tambahkan Azzola micropilla secukupnya ( blender jika ada )
6. Nanas ................................1 buah ( blender & ambil airnya
7. Temulawak (curcuma)......1/4 kg (  blender & rebus bersama gula merah & dinginkan ), Berguna untuk menambah nafsu makan ikan sekaligus penguat system imun tubuh ikan lele terhadap penyakit & cuaca extrim.
Cara membuat :
Bahan2 no.1,2,3,4,5,6,7 semuanya dlm keadaan dingin dicampur dalam ember & diaduk homogen (boleh disaring). Kemudian masukkan kedalam jurigen dg kapasitas 30 liter yg bersih & steril lalu tutup rapat - rapat & simpan ditempat gelap selama minimal 7 hari. Selama penyimpanan (fermentasi unaerob) periksa setiap hari sekali. Jika jurigen menggembung buka pelan2 tutupnya sampai uap / gas keluar & tutup rapat kembali. Khusus untuk bahan no ; 5, jika tidak ada g' masalah / bs kita ganti dengan kulit pisang, kacang2-an & masih banyak lg bahan2 lain yg ada disekitar kita yg bs kita manfaatkan untuk menambah nutrisi probiotik.


sumber : 
Dadang Yana Mulyana, 2011, Fungsi Dan Manfaat Probiotik Bagi Perikanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar